Kompas TV video vod

Makna Pancasila Sebagai Kepribadian Berbangsa dan Bernegara

Kompas.tv - 1 Juni 2022, 12:20 WIB
Penulis : Natasha Ancely

KOMPAS.TV - Hari ini 1 Juni diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila. Penting untuk kita semua masyarakat Indonesia memahai esensi Pancasila sebagai ideologi bangsa.

Baca Juga: Memaknai Hari Pancasila, Muhammadiyah: Pancasila Adalah Negara Kesepakatan

Dilansir dari laman Kompas.com, penetapan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila sekaligus Hari Libur Nasional tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016.

Penetapan bertujuan agar pemerintah, masyarakat, dan seluruh komponen bangsa senantiasa mengingat Pancasila sebagai ideologi bangsa.

Pagi ini, Presiden Jokowi mengajak semua pihak untuk membumikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Hal itu disampaikannya saat memberikan amanat pada Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2022 di Lapangan Pancasila, Ende, NTT, Rabu (1/6/2022).

Jokowi mengatakan, Ende merupakan kota bersejarah karena di kota inilah Soekarno, Presiden pertama RI, merenungkan dan merumuskan Pancasila. "Yang kemudian disahkan oleh PPKI sebagai dasar negara dan mewariskan Pancasila bagi bangsa dan negara," ujar Jokowi.

Lalu bagaimana sebenarnya kita memaknai hari lahir Pancasila? Simak dialog selengkapnya di Sapa Indonesia Pagi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x