Kompas TV video sinau

Dolce far Niente, Menikmati Hidup ala Orang Italia

Kompas.tv - 24 April 2022, 18:30 WIB
Penulis : Dimas Wira P

Di Italia terdapat sebuah kebiasaan yang bisa kamu peroleh untuk mengatasi kejenuhan dan stress. Kebiasaan itu disebut Dolce far Niente yang artinya kenikmatan untuk tidak melakukan apapun

Konsep Dolce far Niente tidak sama dengan rutinitas bekerja lima hari untuk kemudian bermalas-malasan di akhir pekan.

Orang Italia melaksanakan Dolce far Niente nyaris dalam keseharian.

Menurut Kelly Chaplin, seorang educational publisher, setidaknya ada 7 cara melakukan Dolce far Niente

1. Putus Koneksi Internet

Nyaris setiap saat kita terkoneksi dengan internet, terutama media sosial. Jika melepas seluruhnya adalah tugas mustahil, mulailah dengan dosis kecil.

2. Buang Daftar yang "Harus Dilakukan"

Menyingkirkan rasa bersalah atas daftar yang “harus dilakukan” akan membantumu mengalami momen-momen Dolce far Niente jadi lebih menyenangkan

3. Matikan Televisi

Matikan televisi untuk sesaat, ganti dengan berjalan-jalan di lingkungan sekitar atau di taman kota. Nikmati kedekatanmu dengan alam.

4. Tentukan Satu Hari untuk Istirahat Total

Memiliki hari istirahat adalah ide praktis. Cobalah mendeklarasikan satu hari dalam seminggu sebagai hari tidak melakukan apa-apa atau istirahat total.

5. Temukan Kreativitas dari dalam Diri

Luangkan waktu untuk mengembangkan kreativitas adalah cara bersantai yang baik untuk menemukan apa yang menginspirasi dan indah di sekitarmu.

6. Sempatkan Tidur Siang

Banyak penelitian menyebut bahwa tidur siang tidak hanya untuk balita. Tidur siang dapat mengurangi risiko serangan jantung dan menurunkan tingkat stres. Tidur siang juga tidak harus di rumah atau kantor. Kamu dapat pergi ke taman atau tidur siang di ruang istirahat di kantor.

7. Lupakan Sesaat Tugas-Tugas Rutin

Kamu tak perlu langsung cuci piring setelah selesai makan. Saksikan moonrise, menatap bintang-bintang, atau menikmati hidangan penutup.

Pada akhirnya, tenang saja, dunia tetap baik-baik saja ketika kamu tidak melakukan apa-apa.




Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x