Kompas TV video vod

Dok Ibu Saya Menderita Gerd, Apakah Aman untuk Berpuasa??

Kompas.tv - 19 April 2022, 14:43 WIB
Penulis : Shinta Milenia

KOMPAS.TV - Anda kembali bersama segmen Sehat di Tengah Pandemi.

Segmen ini akan membahas masalah seputar kesehatan yang bisa menjadi referensi anda jika masih ragu untuk ke rumah sakit.

Anda dapat melayangkan pertanyaan melalui instagram @sapaindonesia_kompastv sehari sebelum tayang.

Dan hari ini kita sudah mengundang Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Dokter Eka Ginanjar.

Langsung saja kita bacakan pertanyaan yang dikirim melalui instagram Sapa Indonesia:

@Dhanisfarina: “Pagi dok mau tanya, ibu saya umur 61 tahun dan menderita gerd, apakah aman untuk berpuasa dok? karena sempat beberapa hari tidak puasa karena gerd nya kambuh dan terasa mual. Kira-kira obat apa yang dapat membantu ibu saya menjalankan puasa? terima kasih banyak dok.”

Baca Juga: Terapkan Protokol Kesehatan, Ibadah Paskah di Beberapa Gereja Dibagi Menjadi 3 Hingga 5 Sesi

@Vinafadhilaaa_: “Pagi dok, ayah saya tahun ini umur 65. Ayah saya sempat didiagnosa infeksi usus akut dan katanya disebabkan oleh konsumsi painkiller yang berlebih dalam jangka waktu yang lama, sehingga ususnya katanya luka seperti bolong. Apakah memang benar kondisinya seperti itu dok? dan obat apa yang bisa dikonsumsi untuk menyembuhkan luka itu? terima kasih dok.”

@_Ketsaa: “Dok, sudah 2 hari ini saya sakit perut, mual, muntah, diare, bahkan feses saya cair sekali. Sudah minum obat diare dan obat maag, dua hari lalu saat berbuka, saya buka puasa pakai buah naga. Beberapa menit kemudian saya mual sampai memuntahkan sebagian makanan tadi, tidak sampai 3 jam kemudian saya buang air besar/ dan feses yang keluar buah naga itu, seperti tidak tercerna sama sekali padahal normalnya proses mencerna tidak secepat itu kan dok?. Saat sahur juga seperti kejadian kemarin, kira-kira 5 jam setelah sahur saya BAB dan fesesnya ya makanan sahur saya, saya kenapa ya dok?.”



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x