Kompas TV video vod

Putin Ingatkan Upaya Barat Mengecualikan Energi Rusia akan Berdampak Pada Dunia

Kompas.tv - 15 April 2022, 10:44 WIB
Penulis : Yuilyana

JAKARTA, KOMPAS.TV – Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan Kamis upaya negara-negara Barat untuk mengecualikan pemasok energi Rusia akan mempengaruhi ekonomi dunia, Kamis (14/4/2022). 

Dilansir dari APTN Putin menyampaikan hal itu dalam pertemuan dengan para pejabat tinggi tentang situasi di sektor minyak dan gas Rusia.

“Upaya negara-negara Barat untuk mendorong keluar pemasok Rusia, mengganti sumber daya energi kita dengan pasokan alternatif pasti akan mempengaruhi semua ekonomi dunia. Konsekuensi dari langkah semacam itu bisa menjadi sangat menyakitkan, pertama-tama, bagi penggagas kebijakan semacam itu. Apa yang mengejutkan di sini: yang disebut mitra dari negara-negara yang tidak bersahabat berasumsi bahwa mereka dapat menghindari sumber daya energi Rusia, termasuk gas alam.”ungkap Putin. 

Baca Juga: Putin Siapkan Transisi Transaksi Perdagangan Gunakan Mata Uang Nasional dan Perluas Pasar ke Timur

Putin menambahkan bahwa gas alam Rusia tidak dapat digantikan oleh sumber daya alternatif.

"Penggantinya yang masuk akal untuk Eropa tidak ada. Itu mungkin, tetapi sejauh ini tidak ada. Semua orang memahami tidak ada volume bebas (sumber daya energi) di pasar dunia," kata Putin.

Rusia menetapkan tujuan untuk mengubah perhitungan sumber daya energi ke mata uang nasional, secara progresif menjauh dari dolar dan euro.

"Secara keseluruhan, kami akan meningkatkan proporsi perhitungan dalam mata uang nasional dalam sistem perdagangan eksternal," kata Putin.

Video Editor: Ian
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x