Kompas TV video vod

Digitalisasi Ngebut, Kantor Perbankan Banyak yang Tutup Cabang

Kompas.tv - 14 April 2022, 11:42 WIB
Penulis : Natasha Ancely

KOMPAS.TV - Ngebutnya digitalisasi membuat perbankan banyak menutup kantor cabang mereka. Transaksi apa yang paling marak dalam layanan digital banking? Bagaimana dengan sumber daya manusia yang ada saat ini dan di masa depan?

Disrupsi teknologi berlari lebih kencang saat pandemi memaksa aktivitas masyarakat harus berjarak sejak awal tahun 2020.

Baca Juga: Mengatasi Krisis Talenta Digital, Kemendikbudristek Optimalkan Pendidikan Vokasi

Di perbankan, teknologi mendominasi perubahan perilaku nasabah bertransaksi terutama dari kantor cabang bank konvensional ke perangkat digital.

Dihitung sejak tahun 2016 sampai 2021, transaksi mobile banking melesat sampai 300 persen ke Rp 44 ribu 684 triliun, bahkan transaksi internet banking juga melonjak sampai 50 persen ke Rp 20,96 triliun.

Di saat transaksi digital menanjak, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) justru mencatat, pada tahun 2017 sampai 2021, setidaknya ada 2.593 kantor cabang bank yang tutup dan total yang masih bertahan adalah 39.61 kantor cabang.

Digitalisasi juga membuat perbankan merespons lebih cepat agar mampu mengimbangi kebutuhan nasabah.

Penataan ulang keberadaan kantor cabang akan berlanjut seiring masifnya perkembangan teknologi.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA


Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.