Kompas TV video vod

Kompak! Ibu-ibu Ubah Lahan Pekarangan Jadi Kebun Hijau

Kompas.tv - 27 Maret 2022, 14:45 WIB
Penulis : Natasha Ancely

KOMPAS.TV - Para ibu rumah tangga di Kota Bandar Lampung bersama komunitas Ayo Menanam Indonesia, kompak memanfaatkan lahan pekarangan menjadi kebun hijau yang produktif.

Kini, kebun tersebut menjadi tempat edukasi bagi anak-anak maupun pelajar untuk belajar mengenal budidaya tanaman.

Baca Juga: Warga Kontra di Wadas: Tanaman Diambil, Hutan Dibabat, Masa Depan Kami Bagaimana

Berdiri di lahan pekarangan seluas sekitar 800 m persegi. Kebun dengan berbagai tanaman ini dikelola oleh para ibu rumah tangga di kawasan Jalan Danau Toba, Kelurahan Surabaya, Kedaton Bandar Lampung.

Bersama dengan komunitas Ayo Menanam Indonesia (KAMI) Lampung para ibu rumah tangga yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani (KWT) dibimbing dalam edukasi bercocok tanam serta pemanfaatan lahan di tengah kota.

M. Sholeh selaku ketua Komunitas Ayo Menanam Indonesia Lampung mengatakan, lahan pekarangan yang kini digunakan sebagi kebun KAMI ini sebelumnya merupakan lahan tidur yang kemudian disulap menjadi lahan produktif dengan berbagai tanaman, seperti sayur mayur, buah-buahan, hingga tanaman obat bahkan lokasi belajar bagi anak.

Tanaman sayur, buah, dan herbal yang sudah di panen biasanya dijual memalui akun sosial media yang hasilnya akan digunkaan sebagai biaya operasional kebun.

Meski baru berdiri sekitar satu tahun lalu, namun karena antusias masyarakat kini kebun KAMI juga menjadi tempat edukasi bagi anak-anak maupun pelajar untuk belajar mengenal budidaya tanaman.

Kebun KAMI ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi daerah lainnya untuk lebih produktif memanfaatkan lahan kosong di tengah kota.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x