Kompas TV video vod

[FULL] Wawancara dengan Dubes Inggris untuk Indonesia Terkait Konflik Ukraina dan Rusia hingga G20

Kompas.tv - 26 Maret 2022, 11:58 WIB
Penulis : Theo Reza

JAKARTA, KOMPAS.TV – Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen John Jenkins berbicara mengenai aturan zona larangan terbang, bantuan untuk Ukraina hingga rencana kehadiran Presiden Rusia Vladimir Putin di KTT G20 di Indonesia

Menurut Owen, memaksakan aturan zona larangan terbang di Ukraina akan memunculkan konflik secara langsung antara NATO dan Rusia.

“kami khawatir jika memaksakan aturan ini akan memunculkan konflik secara langsung antara Nato dan Rusia, dan eskalasi terhadap konfrontasi semacam itu akan beresiko sangat tinggi,”ujar Owen dalam wawancara khusus dengan Jurnalis KompasTV Nitia Anisa pada Jumat (25/3)

Dalam kesempatan ini juga Dubes Inggris menjelaskan terkait kebijakan negaranya dan menjatuhkan sanksi terhadap Rusia.

Baca Juga: NATO Resmi Kesampingkan Pemberlakuan Zona Larangan Terbang di Atas Wilayah Ukraina

Sejumlah bantuan dari Inggris juga dikirimkan untuk Ukraina seperti peralatan militer seperti senjata, anti-serangan udara.

Owen juga sampaikan tanggapannya terkait rencana kehadiran Presiden Rusia Vladimir Putin di KTT G20 di Indonesia bahwa akan melihat hal ini kedepannya.

“kita akan lihat, karena KTT G20 baru akan dihelat bulan November. Kita telah menyaksikan bagaimana dalam sebulan terakhir kondisi dunia berubah begitu cepat,”ujar Owen

Video Editor: Laurensius Galih



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x