Kompas TV video vod

Menurut Hasil Survei, Ternyata Ini yang Jadi Faktor Ketidakpuasan Responden Terhadap Kinerja KPK

Kompas.tv - 23 Maret 2022, 11:50 WIB
Penulis : Shinta Milenia

KOMPAS.TV - Survei Litbang Kompas pada 22-24 Februari 2020 mengungkap sejumlah hal yang menjadi sumber ketidakpuasan publik atas kinerja KPK, sekaligus hal-hal yang menjadi harapan publik bagi perbaikan KPK.

Survei terhadap 506 responden yang dipilih secara acak, menunjukkan lebih banyak responden yang menyatakan tidak puas dengan kinerja KPK.

Rinciannya, sebanyak 48,2% menyatakan tidak puas, 43,7% menyatakan puas, dan sisanya 8,1% menyatakan tidak tahu.

Peneliti Litbang Kompas, Arita Nugraheni merangkum kinerja Dewan Pengawas KPK yang tidak optimal, penurunan kinerja dan operasi tangkap tangan, serta banyaknya kontroversi yang terjadi, menjadi 3 faktor utama penyebab ketidakpuasan publik terhadap KPK.

Baca Juga: Pertamina Jamin Stok Bio Solar Subsidi di Makassar Aman, Apa Penyebab Antrean Bus di SPBU?

Hasil survei juga mengungkap hal yang paling perlu diperbaiki dari KPK adalah penindakan tegas bagi pemimpin dan pegawai yang melanggar kode etik, perbaikan atas penegakan hukum atau meningkatkan OTT KPK, dan kerja sama antarlembaga penegak hukum.

Survei Litbang Kompas menunjukkan pembenahan internal menjadi tantangan utama untuk memulihkan kepercayaan publik pada KPK.

KPK akan terus menjadi harapan publik sebagai garda utama pemberantasan korupsi di tanah air, selama mampu memperbaiki berbagai hal yang menjadi sumber ketidakpuasan publik.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x