Kompas TV video sinau

Antisipasi Minyak Goreng Mahal, Kenali Ragam Manfaat Mengukus Makanan

Kompas.tv - 22 Maret 2022, 17:51 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV-Dibandingkan dengan digoreng, makanan yang dikukus lebih sehat.

Makanan yang dikukus juga lebih ramah di kantong, karena tidak menggunakan minyak goreng, mengingat akhir-akhir ini harga minyak goreng sedang melambung tinggi.

Selain itu,ada beragam manfaat lain dari mengukus makanan, yang baik untuk tubuh, apa saja? Melansir Kompas.com berikut ragam manfaat dari mengukus makanan: 

Kadar Vitamin Tetap Terjaga

Nutrisi seperti vitamin C dan folat, bisa rusak jika digoreng atau direbus, dengan mengukus kandungan mineral dalam sayuran, juga tidak akan hilang.

Lebih Mudah dan Cepat

Tak perlu membalik, atau terus memeriksa untuk memastikan tidak gosong. Bisa kita tinggal mencuci, menyapu, dan menangani urusan rumah tangga yang lain.

Warna Makanan Lebih Indah

Mengukus membantu mempertahankan warna, tekstur, dan bentuk makanan. Metode ini juga membantu mempertahankan vitamin B dan C yang larut dalam air.

Lebih Sehat

Mengukus merupakan cara memasak yang bebas lemak, maka baik untuk diet. Cara ini mengurangi risiko obesitas dan penyakit jantung.

Menaikkan Antioksidan

Yakni antioksidan seperti, antosianin, flavonoid, dan glukosinolat. Mengukus makanan akan menopang 90 persen antioksidan yang ada di salam sayuran.

Makanan yang baik dimasak dengan cara dikukus, yakni sayuran seperti, wortel, kentang, buncis. Ikan juga dapat dikukus, bumbui dengan ringan, kemudian tetesi lemon untuk menghilangkan amis

Baca Juga: Mengantre Hingga Siang, Warga Akui Kecewa Akibat Pasokan Minyak Goreng Curah Tak Kunjung Datang

Editor Video & Grafis: Arief Rahman 

 




Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA


Close Ads x