Kompas TV video vod

Pimpin Prosesi Kendi Nusantara di Titik Nol IKN, Presiden Jokowi: Pembangunan Segera Kita Mulai!

Kompas.tv - 14 Maret 2022, 12:52 WIB
Penulis : Edwin Zhan

PENAJAM PASER UTARA, KOMPAS.TV - Senin (14/3) pagi tadi, Presiden Joko ‘Jokowi’ Widodo dan istrinya, Iriana, mengunjungi kawasan Titik Nol Kilometer Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Presiden memimpin prosesi penyatuan tanah dan air yang dibawa oleh 34 Gubernur se-Indonesia dalam prosesi Kendi Nusantara.

Penyatuan air dan tanah ini diawali dari Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, yang membawa tanah dan air dari Kampung Aquarium di pesisir Jakarta Utara.

Tak hanya Anies, setiap gubernur ditugaskan membawa tanah dan air dari masing-masing wilayah yang diambil dari titik-titik lokasi sesuai kearifan lokal dan budaya masing-masing.

Air dan tanah dari 34 provinsi ini diserahkan kepada Presiden untuk dituangkan ke dalam gentong dalam prosesi ritual yang disebut istana sebagai Kendi Nusantara.

Prosesi ritual Kendi Nusantara ini dilakukan dengan penuh filosofi.

Menurut Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Santoso, Indonesia adalah negara Nusantara dari ujung Aceh sampai Papua; dengan kearifan lokal berbeda-beda, dituangkan dalam simbolis tanah dan air, dijadikan satu menjadi kalimat tanah air.

Dalam prosesi ini, Presiden dan para pejabat juga berdoa agar program besar pemindahan IKN Nusantara dapat berjalan lancar dengan dukungan seluruh elemen masyarakat.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x