Kompas TV video sinau

Benarkah Makan Tanpa Sendok Lebih Nikmat? Ini Penjelasannya

Kompas.tv - 3 Maret 2022, 16:15 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV - Sendok, garpu, atau sumpit merupakan alat makan yang umum digunakan di berbagai negara di seluruh belahan dunia.

Di Indonesia, tidak sedikit orang yang makan tanpa menggunakan alat makan atau langsung menggunakan tangan yang disebut dengan ‘muluk’ pada kebudayaan Jawa.

Sebuah jurnal berjudul Potret Aktivitas Makan dalam Leksikon Jawa dan Nilai Filosofi yang ditulis M. Suryadi menyebutkan, cara makan ‘muluk’ memiliki dua nilai filosofi.

Kedua nilai tersebut yaitu mengambil makanan secukupnya, serta menghargai apa yang sudah diambil dan diangkat ke atas sebagai bentuk ucapan syukur.

Tahukah kamu, ternyata makan langsung dengan tangan bisa memberikan banyak manfaat.

Dilansir dari DailyMail, ilmuwan menjelaskan bahwa makan menggunakan tangan akan membuat makanan terasa jauh lebih nikmat dan lezat. Saat tangan menyentuh makanan, hal ini dapat meningkatkan persepsi sensorik otak.

Tangan juga berfungsi sebagai sensor alami untuk merasakan tekstur atau suhu makanan, sehingga dapat secara efektif mencegah gigi ngilu atau lidah terbakar karena suhu makanan.

Selain itu, makan pakai tangan juga bisa lebih sehat karena makanan akan diambil secukupnya dan membuat makan lebih santai, sehingga menghindari risiko tersedak akibat mengunyah terlalu cepat.

Namun, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, pastikan untuk selalu mencuci tangan sebelum makan agar tangan tetap bersih dan higienis.

(*)

Baca Juga: Berbeda Dari yang Lain, Kuliner Bakso Daun Semanggi Buatan Para Ibu Komunitas Kampung Semanggi!

Video Editor & Grafis: Agus Eko



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x