Kompas TV video sinau

Angkat Wiper saat Parkir Mobil, Wajib?

Kompas.tv - 16 Februari 2022, 20:04 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV- Mengangkat wiper saat mobil sedang parkir ternyata berisiko merusak kaca depan mobil dan per wiper.

Saat dalam posisi terangkat jika tidak sengaja tersenggol akan mengenai kaca, dalam tangkai wiper terdapat per yang berfungsi menjaga bilah wiper tetap menempel ke permukaan kaca sehingga dapat menyapu air jika digunakan.

Bila tangkai wiper diangkat terus menerus dalam waktu lama akan merenggangkan per tangkai wiper. Jika rengang, bilah wiper tidak bisa menempel dengan maksimal pada kaca,dan ‘’oblak’’ saat digunakan.

Wiper merupakan elemen dari mobil yang komponennya berbahan karet . Jika wiper sering terpapar cahaya matahari secara langsung, lama-lama akan mengeras.

Karet wiper yang keras kemampuan untuk menyeka air pada saat hujan akan berkurang. Jelas ini sangat mengganggu kenyamanan saat menyetir, terutama saat musim hujan seperti sekarang.

Maka banyak ditemukan pemilik mobil mengangkat wiper saat memarkir kendaraaanya. Tindakan ini dilakukan dengan harapan komponen karet pada wiper lebih awet.

Mengutip Kompas.com faktanya, tak perlu lagi mengangkat wiper saat parkir.

Mengangkat wiper saat mobil parkir berisiko merusak per wiper dan jika tersenggol akan jatuh dan membentur kaca.

Diangkat atau tidak tidak akan mengubah masa pergantian karet wiper, yaitu tiap 6 bulan sekali. Umumnya karet wiper yang beredar di pasaran sudah disesuaikan dengan iklim Indonesia

Dengan catatan, karet wiper yang terpasang adalah yang sudah berkualitas. Kendati demikian tetap upayakan memarkir mobil di indoor atau tempat yang teduh.

Segera ganti karet wiper, jika kemampuan wiper untuk menyeka kaca sudah berkurang. 

Baca Juga: Tenaga Kesehatan yang Pakai Mobil Pribadi Mulai Hari Ini Tak Kena Aturan Ganjil Genap

Editor video & grafis: Joshua Victor 



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x