Kompas TV video sinau

Bisa Dicoba, Cara Menabung Paling Gampang

Kompas.tv - 13 Januari 2022, 13:37 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV- Kebiasaan menabung harus dimulai sejak dini, karena memiliki  tabungan sangat penting, mau sampai kapan gaji hanya lewat saja di tiap bulannya?

Sayangnya banyak godaan yang membuat niat menabung jadi tersingkirkan, padahal dengan adanya tabungan kita punya penolong saat kantong kering.

Dalam menabung yang paling utama  adalah disiplin dan komitmen dalam menyisihkan uang tiap bulan, bahkan bisa setiap hari jika diperlukan.

Berikut cara menabung paling gampang, yang bisa dilakukan oleh siapa saja mengutip KOMPAS.com:

1.Jangan Sepelekan Uang Receh

Kumpulkan uang receh misalnya uang koin RP 1.000, RP 500, atau RP 200,  RP 100, pecahan RP 2.000 juga bisa, uang receh yang rutin dikumpulkan lama-lama akan makin banyak.

2.Menabung Sesuai Tanggal

Maksudnya uang yang disimpan mengikuti tanggal, contohnya, bulan Januari, ada 31 hari,  tanggal 31 menabung RP 31.000, tanggal 30 sebesar RP 30.000 begitu seterusnya.

3.Masukan ke Rekening

Bisa dimulai dengan membuka rekening sesuai dengan kemampuan,misalnya setoran awalnya rp 50.000.

4.Sisihkan 10 Persen Gaji

Jangan menunggu sisa gaji, misalnya gaji RP 3 juta artinya sisihkan RP 300.000 per bulan. Langsung sisihkan ketika menerima gaji agar lebih efektif , ingat, tabungan hanya boleh diambil jika ada kebutuhan yang mendesak!

Baca Juga: Gokil, Laki-laki Ini Beli Tunai Motor dengan Uang Koin Hasil Menabung Bertahun-tahun

https://www.kompas.tv/article/203891/gokil-laki-laki-ini-beli-tunai-motor-dengan-uang-koin-hasil-menabung-bertahun-tahun 

Grafis: Arief Rahman 



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x