Kompas TV video sinau

Apa itu Sunscreen dan Kenapa Wajib Dipakai Setiap Hari?

Kompas.tv - 5 Januari 2022, 14:28 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV- Menggunakan sunscreen atau tabir surya perlu kita lakukan setiap hari. Pemakaiannya tidak boleh terlewat, setelah mencuci muka di pagi hari sebaiknya dilanjutkan dengan menggunakan tabir surya atau sunscreen.

Tak hanya ketika keluar rumah atau ruangan, ketika berada di dalam ruangan pun. Wajib menggunakan sunscreen, gunanya untuk melindungi kulit dari sinar matahari yang masuk menembus ruangan.

Kulit yang terpapar sinar matahari bisa menyebabkan kulit terbakar dan kanker kulit, salah satu cara untuk mencegah kerusakan kulit adalah dengan menggunakan sunscreen.  

Menyadur dari Hellosehat.com sunscreen adalah produk perawatan kulit dengan bentuk losion, spray, gel, foam, atau stick.

Dengan memakai  sunscreen kulit akan terlindungi dari radiasi sinar UV, baik UVA maupun UVB, dampak dari sinar UVA adalah mempercepat penuaan kulit, keriput dan flek hitam.

Karena sinar UVA mampu menembus bagian terdalam kulit, bahkan saat cuaca sedang mendung,  selain itu sinar UVA bisa menembus awan dan kaca.

Sementara sinar UVB (Ultraviolet-Burning) tidak menembus awan dan kaca, tapi radiasinya lebih kuat, kulit yang terpapar sinar UVB sebentar saja bisa terbakar atau sunburn.

Jika kulit terus terpapar oleh radiasi dari kedua sinar tersebut , risiko terkena kanker kulit makin besar.

Baca Juga: Warga India Doyan Meludah Sembarangan, Pakar Kesehatan Pusing karena Bisa Tularkan Penyakit

https://www.kompas.tv/article/247723/warga-india-doyan-meludah-sembarangan-pakar-kesehatan-pusing-karena-bisa-tularkan-penyakit 

Grafis: Joshua Victor



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x