Kompas TV video sinau

Alasan Pintu Darurat Bus Terletak di Sisi Kanan Belakang

Kompas.tv - 20 Desember 2021, 17:30 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV-Seiring perkembangan zaman, semakin banyak pilihan transportasi yang bisa kita andalkan. Di antaranya ada bus,  ojek online, taksi online, MRT, dan lain-lainnya.

Bus masih diminati masyarakat sebagai alat transportasi. Sebagai contoh bus antarkota dan bus antarprovinsi, baik yang kelas eksekutif, VIP atau ekonomi. Setiap tipe atau kelas bus tersebut, bisa disesuaikan dengan kebutuhan penumpang.

Umumnya sebuah bus mampu menampung puluhan penumpang dalam sekali jalan. Seperti transportasi umum lainnya, bus juga memiliki pintu darurat.

Pintu darurat ini digunakan sebagai akses keluar, saat bus mengalami kecelakaan, atau bahkan terbakar.

Jika diperhatikan lebih dekat, posisi pintu darurat bus biasanya ada di sisi kanan bagian belakang. Lalu kenapa posisi pintu darurat ini ditaruh di sisi kanan belakang?

Melansir Kompas.com pintu darurat di sisi kanan belakang ini berfungsi untuk menyingkat akses keluar penumpang, ketika keadaan darurat sedang terjadi.

karena sisi kanan belakang tersebut paling buntu terhadap akses keluar. Jadi dengan adanya tambahan pintu darurat, membuat akses penumpang untuk keluar dari kabin ada tiga.

Dua di sisi kiri dan satu di kanan. selain pintu darurat yang ada di samping, ada juga yang di bagian atap. Akses ini bisa digunakan saat bus terguling, selain itu juga ada kaca yang bisa dipecahkan.  jadi akses saat darurat. 

Baca Juga: Produsen Bus China Kirim 741 Bus Listrik ke Qatar untuk Piala Dunia 2022

https://www.kompas.tv/article/243427/produsen-bus-china-kirim-741-bus-listrik-ke-qatar-untuk-piala-dunia-2022 

Grafis: Agus Eko Apriyanto




Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x