Kompas TV video sinau

Mengapa Hujan Bikin Gampang Merasa Lapar? Ini Penjelasannya

Kompas.tv - 12 Desember 2021, 18:30 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Turunnya hujan membuat suhu menjadi lebih dingin dan lingkungan cenderung gelap akibat mendung.

Saat hujan turun, kita sering tiba-tiba merasa lapar padahal sudah makan seperti biasa. Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Apa penyebabnya?

Tahukah kamu, dilansir dari Everyday Health, berkurangnya paparan sinar matahari saat hujan ternyata menurunkan produksi hormon serotonin.

Hormon serotonin merupakan hormon kebahagiaan di dalam tubuh manusia, yang juga berperan dalam berbagai fungsi tubuh, salah satunya sistem pencernaan.

Tubuh yang kekurangan serotonin merespon dengan cara memberikan rasa lapar. Hal ini karena serotonin bisa didapatkan dari makanan, terutama jenis makanan dengan kadar karbohidrat tinggi.

Baca Juga: Mengapa Hujan Bikin Mengantuk dan Mager? Ini Penjelasannya

Selain itu, ada alasan lain mengapa kita merasa lapar saat hujan. Rasa lapar yang muncul juga merupakan respon otak ketika mendeteksi perubahan suhu menjadi lebih dingin saat hujan turun.

Otak kemudian memerintahkan tubuh tubuh untuk membakar lebih banyak lemak agar suhu tubuh tetap hangat. Hal ini dikarenakan pada suhu dingin tertentu, organ tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik.

Sebab, pembakaran lemak tersebut berarti peningkatan metabolisme tubuh sehingga tubuh membutuhkan lebih banyak makanan.

Dilansir dari Healthline, kegagalan fungsi tubuh dan psikologis juga kehilangan banyak panas tubuh dalam waktu singkat disebut dengan hipotermia.

Jadi, rasa lapar saat dingin seperti ketika hujan turun sebenarnya merupakan respon alami tubuh untuk mempertahankan fungsi kerja organ tubuh, dan menghindari mengalami kondisi hipotermia.

(*)

Grafis: Agus Eko



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x