Kompas TV video sinau

Kenapa Balap Motor dan Mobil Disebut Olahraga? Ini Alasannya

Kompas.tv - 13 November 2021, 18:32 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV-Bagi penggemar dunia otomotif pasti sudah tidak asing lagi dengan mobil balap paling terkenal di dunia adalah Formula 1 atau F1. Sedangkan, ajang balap motor paling terkenal adalah,  Motorcycle Grand Prix , disingkat jadi MotoGP.

Pembalap motor dan mobil juga disebut atlet. Layaknya olahraga lainnya. Ini karena pembalap harus kuat fisik dan mental. Bayangkan saja, mereka harus mengendarai kendaraan dengan kecepatan hingga 300 kilometer per jam.

Melansir Bobo.id, sama seperti atlet lainnya, pembalap juga harus melakukan latihan fisik. Mereka kardio selama enam jam, juga bersepeda, berenang.

Para pembalap berlatih di gym untuk  kekuatan tangan, lengan, leher dan punggung. Ketika balapan berlangsung, pembalap mobil dan motor harus menggunakan helm.

Helm yang digunakan juga biasanya lebih berat dari helm pada umumnya. Maka harus ditopang dengan leher yang kuat, selain itu saat berbelok di sirkuit, tubuh pembalap juga harus bisa menerima gaya gravitasi lima kali lebih besar daripada normalnya. Jantung juga terpacu lebih keras, bahkan bisa dua kali lebih cepat dari biasanya. inilah alasan , pembalap juga disebut sebagai atlet.

Baca Juga: Jokowi Cerita Pengalaman Jajal Mandalika: Rupanya Begini yang Disebut Sirkuit Balapan

https://www.kompas.tv/article/231532/jokowi-cerita-pengalaman-jajal-mandalika-rupanya-begini-yang-disebut-sirkuit-balapan 

Grafis:Joshua Victor

 




Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x