Kompas TV video sinau

Sosok-sosok Pahlawan Nasional Baru 2021 , Salah Satunya Usmar Ismail

Kompas.tv - 8 November 2021, 21:40 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV-Pemerintah akan menganugerahkan gelar pahlawan nasional pada empat tokoh, gelar pahlawan nasional tersebut akan diberikan pada 10 November 2021.

Melansir Kompas.com berikut profil pahlawan nasional baru 2021:

1.Usmar ismail

Dikenal sebagai bapak perfilman indonesia. Usmar Ismail lahir  Bukittinggi Sumatera Barat, pada 20 Maret 1921. Ia telah membuat lebih dari 30 film semasa hidupnya.

berikut beberapa judul film  karya usmar ismail :

  •  Pedjuang (1960)
  • Enam Djam di Djogja (1956)
  •  Tiga Dara (1956)
  • dan Asrama Dara (1958)

Usmar Ismail tutup usia pada 2 Januari 1971 karena sakit.

2.Tombolotutu

Tombolotutu adalah seorang Raja di Kabupaten Parigi, Moutong, Sulawesi Tengah. Beliau termasuk dalam barisan  terdepan saat perang melawan penjajah kala itu. Upaya menjadikan tombolotutu sebagai pahlawan nasional telah ada sejak 90-an. Tetapi menemui hambatan ,yaitu dokumen resmi sebagai data primer.

3. Sultan Aji Muhammad Idris

Sultan Aji Muhammad Idris adalah  Sultan ke-14 dari Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura. Beliau memerintah kesultanan sejak tahun 1735 hingga 1778. Ia gugur di medan perang saat bertempur, dengan rakyat Bugis di tanah Wajo, Sulawesi Selatan melawan  Belanda.

4. Raden Aria Wangsakara

Wangsakara adalah seorang keturunan Raja Sumedang Larang, Sultan Syarif Abdulrohman. Ia dipercaya oleh Sultan Maulana Yusuf, pemimpin Kesultanan Banten kala itu. Untuk menjaga wilayah yang sekarang jadi Tangerang. Wangsakara gugur tahun 1720 di Ciledug dan dimakamkan di Lengkong Kyai, kabupaten Tangerang.

Baca Juga: Pahlawan Nasional Berhak Mendapat Rp50 Juta Per Tahun, Ini Hak dan Kewajiban yang Penting Diketahui

https://www.kompas.tv/article/229839/pahlawan-nasional-berhak-mendapat-rp50-juta-per-tahun-ini-hak-dan-kewajiban-yang-penting-diketahui 

Grafis: Arief Rahman

 




Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x