Kompas TV video sinau

Kenapa Sakit Gigi Sering Kambuh di Musim Hujan? Ini Penjelasannya

Kompas.tv - 7 November 2021, 19:30 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Cuaca dingin dan perubahan suhu di musim hujan menyebabkan sakit gigi cenderung lebih mudah kambuh. Sakit gigi yang muncul secara berkala di musim hujan menyebabkan gigi dan gusi terasa ngilu, nyeri dan seperti ditusuk-tusuk.

Gejala sakit gigi yang muncul ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, terlebih jika dibarengi dengan sakit kepala, demam dan flu.

Lalu, kenapa sakit gigi sering kambuh di musim hujan?

Sakit gigi yang semakin sering kambuh ketika musim hujan disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya adalah penurunan suhu disertai perubahan tekanan udara yang dapat memicu nyeri di area atas mata, hidung, dan rahang.

Selain itu, suhu dingin dapat menyebabkan hidung tersumbat yang memicu sakit kepala, dan akan lebih mudah dirasakan oleh orang yang giginya sudah bermasalah sejak awal.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Sakit Gigi Akibat Makan Daging

Dilansir dari Alodokter, penyebab gigi ngilu di cuaca dingin juga dapat dipengaruhi oleh beberapa kemungkinan, seperti:

- Gigi sensitif akibat terkikisnya lapisan pelindung gigi (email)

- Lubang pada gigi

- Radang pada gusi

- Trauma akibat sikat gigi terlalu kencang

- Konsumsi makanan atau minuman terlalu asam

Maka dari itu, penderita sakit gigi dianjurkan untuk lebih berhati-hati ketika masuk musim hujan. Sebagai pencegahan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah sakit gigi kambuh di musim hujan.

Menjaga kebersihan dan kesehatan gigi sejak awal penting untuk tindakan pencegahan, yaitu menggosok gigi secara teratur dua kali sehari, flossing, membersihkan lidah, dan berkumur di antara waktu makan.

Pastikan untuk minum air putih dalam jumlah yang cukup, serta batasi konsumsi makanan atau minuman asam. Selain itu, dianjurkan pula untuk melakukan pemeriksaan ke dokter gigi menjelang musim hujan.

Baca Juga: Makanan yang Baik bagi Penderita Gigi Sensitif

(*)

Grafis: Arief Rahman



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x