Kompas TV video sinau

Unik! Ternyata Di Dalam Bus Ada Kandang Macan

Kompas.tv - 8 Oktober 2021, 21:22 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV- Bus Antar Kota Antar propinsi (AKAP).  Dalam satu perjalanan bus malam, atau bus AKAP biasanya, memiliki dua pengemudi, dengan satu asisten pengemudi. Karena trayek dengan perjalanan yang jauh dan waktu tempuh yang tidak sebentar. Jadi memerlukan stamina pengemudi yang prima. Pertanyaanya adalah, dimana tempat pengemudi istirahat? Sementara kursi penumpang penuh. Melansir dari Kompas.com pengemudi beristirahat di ‘’kandang macan’’. Bukan kandang macan yang bertaring, tapi sebutan untuk sebuah ruangan kecil untuk istirahat pengemudi selama perjalanan.

Biasanya, tempat istirahat pengemudi ini posisinya ada di belakang kursi penumpang. dekat kaca belakang. Lengkap dengan tirai penutup agar lebih privat, kasur dan bantal yang nyaman. Di situ, pengemudi kedua beristirahat, agar nantinya segar saat menggantikan.

Umunnya, pengemudi akan bergantian, ketika bus sampai di rumah makan untuk layanan makan malam. Selain di belakang, ada pula ‘’kandang macan’’ di depan, memungkinkan jika bodi bus tinggi, seperti Ultra High Deck (UHD). 

Baca Juga: Siap-siap Kendaraan yang Tidak Lolos Uji Emisi akan Kena Tarif Parkir Tertinggi

https://www.kompas.tv/article/219511/siap-siap-kendaraan-yang-tidak-lolos-uji-emisi-akan-kena-tarif-parkir-tertinggi 

Grafis: Agus Eko Apriyanto



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x