Kompas TV video sinau

Ternyata Semut Memiliki Sistem Kasta dan Bisa Hidup Sampai 30 Tahun

Kompas.tv - 10 September 2021, 09:12 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV-Beberapa orang terganggu dengan kehadiran semut, karena semut kerap mendatangi makanan atau minuman. Hewan kecil ini juga bisa menyengat, efek sengatannya juga cukup sakit bila dirasakan. Contohnya semut api, yang suka menyengat manusia, jika kita sedang tidak memerhatikan keadaan sekitar.

Fakta unik tentang semut salah satunya adalah, semut kecil yang kita lihat berbaris itu, kebanyakan adalah semut betina, kemudian usia ratu semut cukup lama, yaitu 30 tahun. Semut pekerja juga didominasi oleh semut betina, mereka dapat hidup hingga satu tahun. Sedangkan semut jantan hanya berusia satu minggu.

Hewan kecil ini juga bermanfaat bagi lingkungan, ketika menggali tanah dibawah tanaman, sebenarnya saat itu semut sedang membantu proses penyerapan. Ini  karena pada terowongan yang dihasilkan olehsemut, udara, air, dan nutrisi dapat lebih mudah diserap oleh akar. Semut tidak punya telinga, semut mendengarkan dari getaran yang dirasakan olehnya. Sensor tersebut berada di lutut dan kakinya. Sedangkan untuk antena dan bulu-bulu halus di sekitar tubuhnya, digunakan semut  untuk mencari makanan. 



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x