Kompas TV video sinau

Tips Membuat Ruangan Dingin Meski Tanpa AC

Kompas.tv - 31 Agustus 2021, 12:21 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV-Penggunaan Air Conditioner atau AC di dalam ruangan membuat tagihan listrik membengkak. Memang ruangan jadi lebih dingin dan nyaman, penggunaan AC terlalu lama selain tagihan yang membengkak, terlalu lama berada di dalam ruangan ber AC juga tidak baik bagi tubuh. Efeknya tubuh mudah lelah, kulit kering, leher pegal-pegal, sesak napas, dan system imun yang menurun akibat kurangnya sirkulasi udara segar di dalam ruangan.

Ada trik yang dapat dilakukan untuk tetap merasa sejuk di rumah meski udara sedang panas. Gunakan lampu LED. Cahaya lampu biasa, atau lampu pijar menyumbang rasa panas dalam ruangan. Dengan mengganti lampu ke jenis LED tentunya akan menghasilkan panas lebih rendah. Lampu LED juga lebih hemat dibandingkan lampu pijar. Selain itu, juga dikenal lebih ramah lingkungan.

Penggunaan korden juga berpengaruh, pakai korden yang berwarna gelap agar ruangan lebih sejuk. Terutama jika ruangan/ rumah menghadap barat atau selatan. Hindari meletakan barang terlalu banyak dalam ruangan. Agar ruangan lebih sejuk dan lega. 

Baca Juga: Dulunya Tempat BAB, Kali Sejuk Sekarang Jadi Spot Wisata Favorit Anak Muda

https://www.kompas.tv/article/184006/dulunya-tempat-bab-kali-sejuk-sekarang-jadi-spot-wisata-favorit-anak-muda 

Grafis: Joshua Victor




Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x