Kompas TV video sinau

Cara Menanamkan Sifat Anti-Korupsi pada Diri Sendiri

Kompas.tv - 24 Agustus 2021, 19:05 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV - Sikap antikorupsi memang harus ditanamkan dari dalam diri,mulai dari hal yang kecil dalam kehidupan sehari-hari. Yakni dengan mendisiplinkan diri, selalu berkata jujur, benar-benar mengemban tanggung jawab dalam melakukan kegiatan apapun.

Tidak mencoba untuk berbohong pada siapapun dalam kondisi apapun. Mulai dari lingkungan keluarga, tetangga sekitar, sekolah,sampai dengan pekerjaan. Hal ini dilakukan untuk menghindarkan diri dari tindakan korupsi yang bisa merugikan diri sendiri dan orang lain.

Korupsi merupakan perbuatan yang amat tercela, karena korupsi adalah tindakan yang melanggar nilai kejujuran. Tidak perlu dengan contoh kasus yang besar, mulai dari diri sendiri saja. Pada tingkat pelajar atau mahasiswa misalnya. Sebut saja mencontek, mencontek adalah tindakan korupsi, sebab dengan mencontek kita tidak perlu belajar dengan giat dan keras untuk menyelesaikan tugas atau ujian,dengan sempurna. Prinsip nya sama, kita tidak perlu susah payah untuk mendapatkan uang.

Selain nilai kejujuran, tanggung jawab adalah sikap antikorupsi. Sebab perbuatan korupsi adalah tindakan yang melarikan diri dari tanggung jawab. Korupsi menunjukan sikap pengecut yang enggan bertanggung jawab dari perbuatan yang tidak jujur. Bertanggung jawab berarti kita sanggup menanggung apa yang jadi akibat dari perbuatan kita. 

Baca Juga: Eks Mensos Juliari Divonis 12 Tahun Penjara Usai Korupsi Bansos, ICW: Harusnya Dihukum Seumur Hidup

Grafis: Joshua Victor




Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x