Kompas TV video sinau

Efek Mendengarkan Musik bagi Tubuh dan Beberapa Manfaatnya

Kompas.tv - 23 Agustus 2021, 17:40 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV- Mendengarkan musik adalah hiburan yang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, seperti menenangkan pikiran, memberi kekuatan atau energi bagi tubuh, kemudian bisa juga membantu mengelola rasa sakit pada tubuh.

Mendengarkan musik  dapat membuat kita lebih fokus saat mengerjakan sesuatu, misalnya saat mengemudi di kemacetan, mendengarkan musik  dengan irama yang tenang dapat meningkatkan kemampuan mengemudi seseorang. Sekaligus menenangkan.

Saat berolahraga sambil mendengarkan musik, juga dapat membuat olahraga yang berat menjadi ringan. Mendengarkan musik dapat membantu mengatasi gangguan tidur. Jika anda mengalami insomnia. Musik bisa memberikan rasa rileks, namun harap dihindari menggunakan earphone ketika tidur untuk mendengarkan musik.

Saat lelah sepulang kerja, atau seharian berkegiatan berat. Kemudian kita mendengarkan musik maka  dapat memberikan relaksasi bagi tubuh. Karena musik dapat memengaruhi suasana hati. Sebuah penelitian menunjukkan, mendengarkan musik dengan nada yang ceria dapat meningkatkan suasana hati seseorang. Terapi musik juga berguna  untuk meningkatkan konsentrasi dan memori serta menjaga kesehatan otak. 

Baca Juga: Joko Widodo akan Berikan Penghargaan Khusus untuk Grup Musik Legendaris God Bless

https://www.kompas.tv/article/203651/joko-widodo-akan-berikan-penghargaan-khusus-untuk-grup-musik-legendaris-god-bless 

Grafis: Joshua Victor



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x