Kompas TV video sinau

Kenapa Foto Selfie Beda dengan Wajah Asli, yang Sering Kita Lihat di Cermin

Kompas.tv - 16 Agustus 2021, 16:47 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV-  Pernah selfie atau swafoto? Lalu dibuat kecewa dengan hasilnya? Karena wajah kita berbeda dengan yang sering kita lihat di cermin. Sebenarnya, saat kita bercermin, kita akan melihat wajah kita versi terbalik. Salah satu hal yang membuat wajah kita terlihat berbeda adalah  bahwa cermin memperlihatkan wajah yang terbalik. Karena kita bercermin setiap hari, secara tidak langsung kita merasa bahwa wajah yang dicermin itulah wajah asli kita.

Ketika selfie menggunakan kamera depan atau aplikasi foto. Hasil foto itu menunjukkan bahwa ternyata wajah seperti itulah yang orang lain lihat saat menatap kita. Kamera ponsel akan menunjukkan wajah kita yang merupakan kebalikan dari cermin. Namun, karena kita sudah terbiasa melihat wajah kita di cermin, kita akan merasa aneh saat melihat kebalikan wajah kita.

Sedikit dari sisi teknik, jika seseorang ingin terlihat lebih  langsing di foto. Faktor jarak sangat berpengaruh, jika terlalu dekat dan kebawah maka objek akan terlihat lebih besar. Misalnya saja hidung, saat kita selfie kita lebih dekat ke kamera, karena kita memegang sendiri ponselnya. 

Pada kamera,pemilihan lensa juga berpengaruh dengan hasil foto, agar objek terlihat lebih ramping. Gunakan lensa panjang, karena semakin pendek lensa yang kita gunakan untuk memotret. Makin lebar objek yang terlihat di hasil foto.  

Baca Juga: Belum Pernah Foto Bareng Jokowi? Ke Museum Madame Tussauds Hong Kong Saja!

https://www.kompas.tv/article/199743/belum-pernah-foto-bareng-jokowi-ke-museum-madame-tussauds-hong-kong-saja

(*)

Grafis: Agus Eko Apriyanto

 

 



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x