Kompas TV video sinau

Cara Merawat Kain Batik agar Tetap Awet

Kompas.tv - 11 Agustus 2021, 20:21 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV - Sebagai warisan budaya Indonesia yang sudah diakui keberadaannya, batik menjadi busana yang lazim untuk dikenakan, tidak hanya dalam acara-acara resmi tetapi juga dalam kegiatan sehari-hari untuk menunjang penampilan.

Supaya kain batik tetap terjaga dan terawat keindahan warnanya. Kita perlu untuk mengetahui cara merawatnya, seperti kain batik sebaiknya jangan disetrika.

Saat mencuci kita tidak disarankan untuk memerasnya sehingga kain tidak akan lecek atau berkerut.

Namun jika terpaksa disetrika, hindari untuk langsung menempelkan setrika pada kain batik.

Kemudian gunakan kain pelapis di antara setrika dengan kain batik sehingga panas dari setrika tidak langsung terpapar ke kain batik.

Kain batik terutama batik tulis menggunakan tehnik pewarnaan yang alami sehingga cara mencucinya tidak bisa sembarangan.

Terdapat beberapa bahan yang bisa kita  gunakan untuk mencuci kain  batik diantaranya buah lerak, daun tanaman dilem, atau sampo.

Aroma buah lerak dianggap bisa mencegah munculnya hewan kecil yang bisa merusak kain. Kini sabun deterjen khusus untuk kain batik juga sudah banyak dijual di pasaran. 

Untuk menyimpannya juga hendaknya kain batik dimasukan ke plastik tertutup. Supaya terhindar dari ngengat. Selain itu juga bisa dengan menaruh merica yang dibungkus tisu pada lemari penyimpanan batik.

Baca Juga: Lukisan Karya Tantowi Yahya Keharmonisan Dua Bangsa Jadi Kain Batik

www.kompas.tv/article/200462/lukisan-karya-tantowi-yahya-keharmonisan-dua-bangsa-jadi-kain-batik

Grafis: Agus Eko Apriyanto



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x