Kompas TV video sinau

Hewan-hewan yang Tidur dengan Cara Tidak Biasa

Kompas.tv - 31 Juli 2021, 13:08 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Tak hanya manusia, hewan juga membutuhkan tidur. Namun, beberapa hewan tidur dengan cara yang berbeda. Apa saja hewan-hewan dengan cara tidur yang unik?

Simak informasinya berikut ini:

1. Jerapah

Memiliki kaki dan leher yang panjang, jerapah tidur dengan melipat leher dan keempat kakinya sedemikian rupa untuk mendapatkan posisi nyaman.

Jerapah di alam liar hanya tidur rata-rata selama 30 menit sampai 2 jam setiap harinya. Waktu tidur yang singkat adalah hasil evolusi agar jerapah tidak menjadi sasaran empuk predator jika kelamaan tertidur.

2. Paus sperma

Paus sperma tertidur dengan cara mengapung secara vertikal di kedalaman laut. Mamalia yang juga dikenal sebagai paus kepala kotak ini menghabiskan 10 sampai 15 menit dalam sehari untuk tidur.

Hal paling aneh dari perilaku tidur paus di lautan adalah mereka hanya melayang di lautan tanpa bergerak dan terlelap dalam tidur.

3. Berang-berang laut

Berang-berang laut tidur dengan cara terlentang dan mengambang di atas permukaan air. Berang-berang laut menjerat dirinya sendiri dengan rumput laut seperti jangkar pada kapal agar tidak terlalu jauh terbawa ombak.

Selain itu, tak jarang mereka tidur sambil berpegangan tangan agar tidak terpisah satu sama lain akibat arus maupun ombak yang cukup besar.

4. Kelelawar

Kelelawar menghabiskan waktu tidur di siang hari dengan posisi tubuh terbalik. Alasannya adalah untuk menghindari predator yang memangsanya saat tidur dan memudahkannya saat akan terbang.

Mereka tidur dengan cakar yang mencengkram batang pohon, atap gua, atau di tempat tinggi lainnya.

5. Walrus

Walrus adalah mamalia air yang dapat tidur di mana saja. Walrus bisa tidur di berbaring di daratan, berdiri, bersandar, mengapung di dalam air, bahkan menggelantung pada es dengan gadingnya.

Namun, walrus bisa tidak tidur selama 84 jam lamanya dan menghabiskan waktunya untuk berenang mencari makanan di laut.(*)

Grafis: Agus Eko



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x