Kompas TV video internasional

Pilot Wanita Termuda Bersiap Memecahkan Rekor Keliling Dunia Terbang Solo

Kompas.tv - 27 Juli 2021, 11:15 WIB
Penulis : Aryo bimo

INGGRIS, KOMPAS.TV - Seorang remaja perempuan keturunan Belgia-Inggris ingin menjadi wanita termuda yang terbang keliling dunia secara solo.

Remaja perempuan bernama Zara Rutherford asal Popham, Inggris ini baru berusia 19 tahun.

Zara berniat memecahkan rekor yang dipegang oleh Shaesta Waiz, seorang perempuan Amerika Serikat berusia 30 tahun.

Ia menyebut dirinya ingin menginspirasi perempuan muda di seluruh dunia untuk terlibat dalam sains, teknologi, teknik, dan matematika (STEM) serta penerbangan.

“Saya pikir tidak banyak wanita di dunia penerbangan. Terutama untuk pilot komersil sekitar 5 persen wanita, dibandingkan dengan 95 persen pria. Jadi anda tidak pernah benar-benar melihat wanita menerbangkan pesawat,” ujar Zara.

Zara sudah masuk kokpit pesawat beberapa bulan sejak lahir. Dirinya bepergian menggunakan pesawat ringan sejak umur 6 tahun.

Perempuan berkaca mata ini mulai menerbangkan pesawat sendiri sejak umur 14 tahun. Hingga saat ini, zara telah memiliki 130 jam penerbangan solo.

“Seluruh keluarga saya adalah pilot. Ayah saya pilot, ibu saya pilot, bahkan adik laki-laki saya pilot. Jadi itu sudah mendarah daging. Saya sudah naik pesawat sejak lahir dengan ayah dan ibu. Jadi saya belajar dengan cara itu,” ucapnya. 

Zara berencana untuk terbang keliling dunia dengan menggunakan pesawat ultra ringan bernama Shark. Dengan pesawat itu, Zara akan melintasi 5 benua dan 52 negara.

Video Editor: Mukhammad Rengga



Sumber : APTN/Flyzolo

BERITA LAINNYA


Close Ads x