Kompas TV video cerita indonesia

Berbagi Kue Brownies Untuk Warga Isolasi Mandiri

Kompas.tv - 26 Juli 2021, 20:00 WIB
Penulis : Herwanto

KOMPAS.TV - Atiqah Hasan adalah pelaku UMKM sekaligus penyintas Covid-19. 

Atiqah pemilik usaha Secubite Brownies ini berbagi kue buatannya untuk warga yang sedang melakukan isolasi mandiri.

Kebaikannya ini bermula ketika dirinya juga terpapar Covid-19. Para tetangga dan teman silih berganti membantunya. 

Dari kejadian itu Atiqah lalu berniat untuk berbagi dengan warga yang sedang isoman.

Brownies akan dikirim oleh Atiqa setelah sebelumnya melakukan konfirmasi melalui media sosial miliknya. Warga isoman cukup menunjukkan surat Positif Covid-19 dan memberikan alamat. 

Resep brownies panggang 

Bahan:

114 gram mentega

226 gram cokelat pahit (50-65 persen kakao),

cincang 4 butir telur ukuran besar, pisahkan putih

dan merahnya 2 sdm bubuk kakao tanpa gula 1 sdm ekstrak vanila Seperempat sdt garam 130 gram gula Cara membuat brownies panggang gluten

1. Cairkan cokelat campur mentega dalam satu mangkuk. Bisa menggunakan microwave atau rebus mangkuk tahan panas sambil diaduk. Aduk sampai teksturnya halus.

2. Dalam mangkuk lain, aduk telur merah, bubuk kakao, ekstrak vanila, garam, dan 60 gram gula sampai halus semuanya. Masukkan campuran mentega dan cokelat cair tadi aduk rata. Baca juga: Resep Kue Lapis Sari Nanas, Bentuknya Mirip Lapis Surabaya

3. Pada mangkuk lain aduk dengan kencang putih telur, sambil ditaruh sisa setengah gula lagi sedikit demi sedikit. Aduk sampai kaku. Gunakan mixer agar proses ini lebih mudah.

4. Masukkan seperempat adonan putih telur ke mangkuk adonan cokelat. Aduk lipat. Ulangi proses ini dua kali sampai adonan putih telur habis.

5. Panaskan wajan, jika sudah tuang adonan ke wajan, masak dengan api kompor kecil dan tutup wahan. Buka sekali-sekali untuk tahu tingakt kematangannya. Tusuk dengan garpu agar tahu bagian dalamnya sudah matang.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x