Kompas TV video cerita indonesia

Taman Baca Lentera Habibi, Pusat Literasi Bagi Anak-Anak Pesisir

Kompas.tv - 14 Juli 2021, 00:44 WIB
Penulis : Herwanto

ACEH, KOMPAS.TV - Yayasan Rumah Lentera Habibi hadir untuk mengisi kekosongan bagi anak-anak pesisir di Gampong Lampageu, Kecamatan Peukanbada, Kabupaten Aceh Besar. Yayasan ini menghadirkan rumah baca yang nantinya akan diisi dengan beragam aktivitas khususnya literasi untuk mendukung produktivitas anak-anak di gampong tersebut. Secara resmi Taman Baca Rumah Lentera Habibi yang dipusatkan di Balai Nelayan Gampong Lampageu diluncurkan pada Jumat sore (2/7/2021).

Ketua Yayasan Rumah Lentera Habibi, Amrina Habibi, mengatakan taman baca ini sengaja dihadirkan setelah melihat kondisi sehari-hari anak-anak yang ada di kampung nelayan tersebut. Usai pulang sekolah yang terletak di Gampong Lambadeuk, umumnya anak-anak setempat tidak memiliki kegiatan lain yang produktif. Kecuali pada malam harinya yang digunakan untuk mengaji.

Mayoritas anak-anak menghabiskan waktunya dengan bermain di pantai atau bermain ponsel bagi yang memiliki ponsel. Sementara para orang tua mereka sibuk mencari nafkah karena mayoritas penduduk setempat berprofesi petani dan nelayan.

“Ini kami lakukan sebagai panggilan jiwa kami dan di luar kegiatan dinas, kegiatan ini sama sekali tidak berbasis anggaran dan merupakan hasil swadaya teman-teman. Makanya buku-buku yang kami kumpulkan dan bawa ke sini juga bukan buku baru, ini semua sumbangan para donatur,” ujar Amrina saat memberikan sambutannya dalam acara tersebut.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x