Kompas TV video sinau

Umpan Pendek dalam Sepak Bola, dari Teknik hingga Keunggulan

Kompas.tv - 4 Juli 2021, 16:30 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Mengumpan atau passing menjadi salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh pemain sepak bola agar lebih leluasa menguasai bola.

Melansir modul Aksi Cerdas Mencetak Gol (2017) terbitan Kemendikbud, mengumpan adalah memberikan bola kepada teman satu tim agar bola tetap dalam penguasaan.

Mengumpan disebut juga menyodorkan bola, atau lebih dikenal dengan istilah mengoper. Teknik mengumpan memungkinkan terjadinya koordinasi di dalam tim karena proses serangan dan penerapan strategi tim dibangun dari rangkaian proses mengumpan.

Ada empat jenis umpan yang dikenal dalam permainan sepak bola yaitu umpan pendek, umpan panjang, umpan satu dua sentuhan, dan umpan terobosan (through pass).

Umpan pendek atau short pass adalah jenis umpan yang diberikan kepada rekan setim yang posisinya tidak terlalu jauh dengan jenis tendangan mendatar.

Untuk melakukan umpan pendek, menurut UCAM Indonesia Football Academy, kita harus pastikan bahwa ada jarak antara posisi kita berdiri dengan bola.

Selain itu, pastikan juga posisi badan kita berada di belakang bola sehingga kita akan lebih memiliki kekuatan saat melakukan umpan.

Keseimbangan badan penting untuk mengarahkan bola dengan baik saat melakukan operan pendek. Caranya dengan memposisikan kaki yang menjadi tumpuan sejajar dengan bola dengan ujung kaki mengarah ke arah yang dituju.

Umpan pendek dalam permainan sepak bola memiliki keunggulan untuk menjaga penguasaan bola. Selain itu, umpan pendek juga efektif dilakukan ketika tim lawan melakukan tekanan.

Saat tim lawan sedang menekan, umpan pendek adalah cara yang baik untuk menjaga bola agar tidak sampai direbut pemain lawan.(*)

Grafis: Joshua Victor



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x