Kompas TV video cerita indonesia

PDIP Buka Peluang Koalisi dengan Gerindra di Pilpres 2024

Kompas.tv - 28 Mei 2021, 20:11 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyambut baik pernyataan dari Sekjen Gerindra Ahmad Muzani soal adanya kemungkinan koalisi PDIP dengan Gerindra dalam Pilpres 2024.

Hasto juga menyebut PDI Perjuangan membuka kemungkinan koalisi dengan banyak partai. Namun, ia menegaskan koalisi sulit dilangsungkan dengan PKS dan Partai Demokrat. Salah satunya karena adanya perbedaan ideologi.

"Pernyataan dari Mas Muzani karena memang melihat bagaimana kedekatan hubungan Pak Prabowo dengan Ibu Megawati karena selain aspek ideologi, faktor kedekatan kultural, kedekatan organisasi, kedekatan basis massa, kedekatan dari aspek strategi untuk memperluas basis massa itu juga akan menjadi pertimbangan," kata Hasto dalam diskusi Para Syndicate, Jumat (28/5/2021).

Hasto menjelaskan bahwa PDIP bisa saja berkoalisi dengan PAN, PPP, PKB.

"Tahun 1912 berdiri Muhammadiyah, salah satunya lahirlah PAN, kami cocok. Kemudian tahun 1926 ada NU, lahir PKB dan PPP, kami cocok. Tahun 1945 berdiri dengan TNI, Pak Prabowo dari TNI, kami cocok," ujarnya.

Hasto menegaskan PDIP bisa berkoalisi partai mana pun dengan ideologi yang sama. Hasto berharap kontestasi Pilpres 2024 hanya diikuti oleh dua pasangan calon.

Video Editor: Novaltri Sarelpa
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x