Kompas TV video cerita indonesia

Inovasi Unik, Kastengel Rasa Tauco

Kompas.tv - 26 Mei 2021, 00:04 WIB
Penulis : Herwanto

CIANJUR, KOMPAS.TV – Tauco selama ini dikenal sebagai sambal atau bumbu penyedap rasa untuk menambah selera makan. Namun, seiring perkembangan zaman, oleh-oleh khas Cianjur itu kini mampu diolah menjadi produk lain, salah satunya kue kering. Adalah Yeti Hernawati (44), ibu dua anak asal Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, yang mampu berinovasi dengan produk olahan hasil fermentasi rebusan kacang kedelai itu Yeti mengaku, sempat ragu dengan pilihannya itu.

Namun, kue buatannya yang diberi nama tauco cookies dan kastangel tauco kini makin disukai. Momen jelang Lebaran seperti sekarang menjadi berkah tersendiri bagi Yeti. Sebab, pesanan melonjak drastis termasuk dari luar daerah.

Awalnya coba-coba Lihat Foto Proses pembuatan kastangel tauco, kue berbahan sambal tauco yang menawarkan sensasi gurih yang lain dari biasanya. Kue ini sedang jadi primadona bagi pencinta kuliner Cianjur Ditemui di rumahnya di Kelurahan Pamoyanan, Cianjur, Yeti bercerita soal kesukaannya membuat kue sejak masih remaja.

Dari hobinya itu, ia kemudian serius untuk menekuni usaha di bidang kuliner yang mulai dirintisnya sejak 2015. “Kalau membuat kue dengan campuran sambal tauco ini mulai ditekuni beberapa tahun terakhir. Awalnya coba-coba, ternyata banyak yang suka,” kata Yeti, awal pembuatannya, ia mengaku kesulitan karena harus berulang kali mencari komposisi takaran yang pas antara bahan baku kue pada umumnya dengan takaran tauconya itu sendiri. “Awalnya buat tauco cookies dulu. Sekarang berinovasi lagi membuat kastangel tauco. Alhamdulilah keduanya banyak yang suka,” ujar dia.  
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x