Kompas TV video internasional

Penampakan Gunung Es Terbesar di Dunia Pecah dan Hanyut di Antartika

Kompas.tv - 22 Mei 2021, 10:24 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

ANTARTIKA, KOMPAS.TV - Inilah penampakan gunung es atau bongkahan es raksasa yang pecah dari pantauan satelit Badan Antariksa Nasional Eropa (ESA).

Bongkahan es ini terlepas dari tepian beku Antartika ke Laut Weddell dan menjadi gunung es terbesar yang mengapung di dunia.

Gunung Es ini dinamai oleh para ilmuwan sebagai A-76 berbentuk lonjong. Luas permukaan A-76 mencakup 4.320 Km persegi, memiliki panjang 175 km dan lebar 15 km.

Para ilmuwan ini berpendapat bongkahan es yang pecah ini merupakan bagian dari siklus alami.

Gunung Es A-76 ini menempati peringkat sebagai gunung es terbesar yang ada di Bumi saat ini. A-76 ini melampaui A-23A yang sekarang berada di tempat kedua, berukuran sekitar 3.380 km persegi yang juga mengembang di laut Weddell.

Gunung es terbesar di dunia ini pecah di sisi barat Lapisan Es Ronne, yang awalnya terlihat oleh Survei Antartika Inggris dan dikonfirmasi menggunakan gambar dari satelit Copernicus.

Christopher Readinger analis es di National Ice Center, Suitland, Amerika Serikat, menerangkan bahwa lapisan es Filchner-Ronne tempat gunung es A-76 berasal adalah yang terbesar kedua di Antartika, dan pada dasarnya adalah gletser mengapung.

Video Editor: Lisa Nurjannah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x