Kompas TV video sinau

Mengenal PCOS, Salah Satu Penyebab Wanita Susah Hamil

Kompas.tv - 19 Mei 2021, 14:37 WIB
Penulis : Angela Winda

KOMPAS.TV - PCOS berasa dari bahasa Inggris yaitu Polycystic Ovary Syndrome atau disebut sebagai sindrom polikistik ovarium.

PCOS adalah sebuah penyakit yang menyebabkan gangguan pada hormon reproduksi wanita.

Ia menyerang 1 dari 10 wanita pada usia subur dan sayangnya, wanita penderita PCOS baru mengetahui bahwa mereka mengidap PCOS pada usia 20-30 tahunan, yaitu pada saat mereka baru menikah dan mengalami sulit hamil atau memiliki masalah untuk hamil.

PCOS membuat kondisi ovarium menghasilkan hormon androgen dalam jumlah yang tidak normal, dan akhirnya mempengaruhi ovarium serta proses ovulasi yang terjadi setiap bulan.

Tanda-tanda atau gejala awal PCOS sudah dapat terlihat sejak pertama kali mengalami menstruasi, yaitu terlambat haid, haid tidak teratur, haid sangat sedikit, ovarium membesar atau terkadang ada kista, hingga munculnya kutil yang berlebih di area leher atau ketiak.

Hingga kini, penyebab seseorang menderita PCOS belum diketahui.

Namun, biasanya penderita PCOS adalah orang-orang dengan ciri-ciri sebagai berikut: kadar insulin yang berlebih, berat badan berlebih, memiliki ibu, tante, atau saudara perempuan lain yang menderita PCOS.

 

Video grafis: Ilyas



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x