Kompas TV video sinau

Ragam Sajian Wajib di Restoran Padang, Ada Menu Favoritmu?

Kompas.tv - 27 April 2021, 21:00 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Restoran Padang terkenal dengan beragam sajian dengan keunikan masing-masing. 

Apa saja sajian wajib saat berada di Restoran Padang?

1. Rendang

Salah satu sajian yang paling sering dipesan dengan rasa yang kaya rempah. Rasa rempah yang kuat didapatkan dari proses rendang yang dimasak dalam waktu lama yaitu 8-10 jam.

2. Gulai

Ada berbagai macam gulai seperti gulai cincang kambing, gulai ayam, gulai tunjang, gulai ati ampela, dan yang paling favorit gulai kepala ikan.

3. Balado

Balado adalah sebuah teknik masak asal Minang dengan cara menumis cabai giling dan bumbu lain seperti bawang merah, bawang putih, dan perasan jeruk nipis, yang menghasilkan rasa dominan pedas, gurih, dan asin.

4. Sate Padang

Sate Padang menggunakan lidah dan jeroan sapi seperti jantung, usus, dan tetelan sebagai bahan utamanya.

5. Ayam Goreng

Ayam goreng dan ayam bakar khas Padang dimasak dengan bumbu seperti bumbu kuning, namun lebih pekat rasa rempah dan minyaknya.

6. Telur Dadar

Telur dadar di rumah makan Padang memiliki bentuk yang tebal dan padat dengan isian seperti cabai merah, daun bawang, daging ayam cincang, dan udang cincang.

7. Ayam Pop

Sajian ayam khas Padang ini punya tekstur daging super empuk dan bumbu cocol yang unik.

Ada restoran Padang yang membuat resep dengan cabai, petai, nanas, gula, dan bumbu lain sehingga menghasilkan rasa yang beragam.

8. Singkong Tumbuk

Dalam satu mangkuk singkong tumbuk, terdapat singkong yang ditumbuk tidak terlalu halus dan dimasak dengan santan. Sajian ini punya rasa pahit di awal, namun ada rasa gurih saat dikecap.

9. Asam Padeh

Sajian berbahan dasar daging ikan ini adalah makanan khas Minangkabau yang merambah sampai ke Riau, Jambi, Kalimantan Barat, dan Semenanjung Malaya.

10. Sambal Hijau

Sambal hijau dimasak dengan bahan cabai hijau besar, cabai hijau rawit, bawang merah, tomat hijau, air jeruk nipis, dan garam.

Bahan tersebut diulek kasar kemudian disiram dengan minyak panas.(*)

Grafis: Joshua Victor



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x