Kompas TV video cerita indonesia

Di Hadapan Joe Biden, Jokowi Sebut Deforestasi RI Terendah dalam 20 Tahun

Kompas.tv - 23 April 2021, 12:11 WIB
Penulis : Laura Elvina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo berbicara mengenai upaya Indonesia dalam menangani perubahan iklim dalam Leaders Summit on Climate Change, Jumat (23/4/2021).

KTT Perubahan Iklim ini dihadiri oleh sejumlah pemimpin negara termasuk Presiden Amerika Serikat, Joe Biden.

Presiden Jokowi pun menyatakan deforestasi Indonesia saat ini merupakan yang terendah sejak 20 tahun terakhir.

"Pertama Indonesia sangat serius dalam pengendalian perubahan iklim dan mengajak dunia untuk melakukan aksi-aksi nyata, to lead by example. Sebagai negara kepulauan terbesar dan pemilik hutan tropis penanganan perubahan iklim adalah kepentingan nasional Indonesia. Melalui kebijakan pemberdayaan dan penegakan hukum, lalu deforestasi Indonesia saat ini turun terendah dalam 20 tahun terakhir," sambungnya.

Jokowi mengatakan RI berhasil menghentikan konversi alam dan lahan gambut seluas 66 juta hektare. RI, kata Jokowi, juga mampu menekan kebakaran hutan dan lahan.

"Penghentian konversi hutan alam dan lahan gambut mencapai 66 juta hektare lebih luas dari gabungan luas Inggris dan Norwegia. Penurunan kebakaran hutan hingga sebesar 82% di saat beberapa kawasan di Amerika, Australia dan Eropa mengalami peningkatan terluas," kata dia.

Video editor: Febi

Baca Juga: Rehabilitasi Hutan Mangrove, Jokowi Buka Investasi dan Transfer Teknologi di KTT Perubahan Iklim



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x