Kompas TV video cerita indonesia

Kasus Covid-19 di India Melonjak Drastis, Menkes Ingatkan Ini

Kompas.tv - 20 April 2021, 23:16 WIB
Penulis : Abdur Rahim

JAKARTA, KOMPAS.TV – Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin memperingatkan masyarakat agar belajar kasus India, dimana peningkatan kasus Covid-19 terjadi secara signifikan.

Padahal, sebelumnya India dinilai telah berhasil melakukan vaksinasi hingga menurunkan kasus positif.

Menurut Budi, hal tersebut terjadi karena dua hal, yakni mutasi virus baru, dan pengabaian protokol kesehatan. 

“Yang pertama adalah mutasi baru, sudah masuk juga di Indonesia walaupun kita masih sangat sedikit”, ungkap Menkes saat memberikan keterangan pers melalui akun Youtube Sekretariat Presiden (20/4).

“Yang kedua yang paling penting adalah, karena mereka vaksinasinya sudah tinggi, jumlah konfirmasi kasusnya menurun. Mereka lupa, mereka kurang waspada, mereka mengendorkan protokol kesehatan, memakai masker,  mencuci tangan dan menjaga jarak”, tambahnya.

Baca Juga: Mengkhawatirkan! India Catatkan Persebaran Covid-19 Lebih dari 270 Ribu Kasus Per Hari

Sebelumnya pemerintah Indonesia menegaskan, kasus Covid-19 di tanah air telah mengalami penurunan yang cukup signifikan selama dua bulan belakangan.

Tak hanya itu, pemerintah saat ini juga tengah menggencarkan program vaksinasi nasional demi menciptakan HERD Immunity.

Oleh karena itu, pemerintah berharap agar masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan dengan baik serta tidak mudik saat lebaran 2021 ini, agar kejadian yang sama tidak terjadi di Indonesia.

"Kalau itu bisa kita jalankan insya allah di masa ramadhan dan idul fitri ini kita tidak usah mengalami seperti yang ada di Delhi", pungkasnya. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x