Kompas TV video sinau

Kapan Tahun Lahir Ondel-Ondel? Boneka Khas Betawi

Kompas.tv - 31 Maret 2021, 09:35 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketika masa kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin pada Periode 1966 hingga 1977, ondel-ondel dijadikan boneka seni khas Betawi.

Hingga kini, ondel-ondel merupakan kesenian Betawi yang masih eksis. Tapi, kapan ya tahun lahir Ondel-Ondel?

Ondel-ondel lahir pada tahun 1605. Sejarawan JJ Rizal menjelaskan boneka raksasa seperti ondel-ondel ini disampaikan oleh pedagang Inggris bernama Edmund Scott.

JJ Rizal menjelaskan boneka raksasa yang ditulis Edmund Scott  sebagai manifestasi kekuatan pelindung kampung. Fakta itu karena ondel-ondel yang dilihat oleh Edmund Scott pada 1605 jadi bagian iring-iringan yang mengantar Pangeran Jayakarta, Wijaya Krama saat merayakan upacaran sunatan Raja Banten, Abdul Mufakhir yang masih berusia sepuluh tahun.

Lalu seperti apa profil ondel-ondel?

Ondel-ondel punya rambut berbahan daun kelapa kering. Bahan wajahnya adalah ukiran kayu dan badannya berbahan anyaman bambu.

Tinggi ondel-ondel adalah 2,5 meter dengan diameternya 80 centimeter.

Untuk ondel-ondel pria biasanya bermuka merah dan bergigi taring serta berbaju koko dan bersarung. Sementara ondel-ondel wanita bermuka putih, berbibir merah, berkebaya dan berselendang.

Dulu ondel-ondel digunakan untuk mengusir roh jahat dan menjaga kedamaian, kini digunakan untuk perayaan.

Ondel-ondel berjoget dan digerakkan oleh satu orang di dalamnya serta diiringi instrumen khas betawi seperti gendang, kemong, gong dan lainnya.

Video Editor: Agung Ramdhani



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x