Kompas TV video cerita indonesia

Hobi Memelihara Hewan Kini Bisa Mendatangkan Keuntungan

Kompas.tv - 25 Maret 2021, 12:05 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

PALEMBANG, KOMPASTV - Hobi memelihara hewan kini tidak hanya bisa mendatangkan kebahagian, namun juga bisa mendatangkan keuntungan tersendiri bagi sang pemelihara. Seperti yang dilakukan oleh Steven salim seorang pemuda di Palembang, yang mampu meraup cuan dari hobinya memelihara kura-kura jenis sulcata.

Berawal dari melihat orang lain memelihara kura-kura, Steven salim juga ikut tertarik untuk memelihara hewan jenis reptil yang masih cukup jarang dilakukan oleh masyarakat kota Palembang. Sejak satu terakhir, Steven mulai memelihara kura-kura jenis sulcata asal Afrika.

Kura-kura sulcata sendiri merupakan spesies kura-kura terbesar ketiga di dunia. Saat ini Steven sudah memiliki sekitar tiga puluh empat ekor kura-kura berukuran besar di peternakan kura-kura miliknya di kawasan jalan Basuki Rahmat, Palembang.

Namun siapa sangka, hobinya ini mampu mendatangkan pundi uang bagi dirinya lewat penjualan anak kura-kura. Satu ekor anak kura-kura bisa dibanderol seharga satu koma tiga juta rupiah hingga satu koma lima juta rupiah, tergantung dari umur dan ukurannya. Sedangkan untuk ukuran besar dibanderol dengan harga puluhan juta rupiah.

Meski jarang terdengar, namun steven memastikan peminat kura-kura jenis sulcata ini cukup banyak. Peminatnya pun tidak hanya datang dari dalam provinsi sumatera selatan saja, namun juga dari luar Provinsi Sumatera Selatan.


Dalam satu kali penetasan, kura-kura sulcata yang dipelihara oleh Steven ini mampu menghasilkan puluhan anakan baru. Tidak jarang sebelum menetas, anak kura-kura milik Steven ini sudah lebih dahulu dipesan oleh para pecinta hewan kura-kura. 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x