Kompas TV video cerita indonesia

Cerita Desa Miliarder di Kuningan, Puluhan Warga Borong Motor Setiap Harinya

Kompas.tv - 22 Februari 2021, 23:48 WIB
Penulis : Theo Reza

KUNINGAN, KOMPAS.TV - Tidak hanya di Tuban, Jawa Timur desa miliarder juga terjadi di Desa Kawungsari, Kabupaten Kuningan sejumlah warga desa setempat mendapatkan uang ganti untung mencapai milyaran rupiah.

Tak hanya pemilik, kebahagiaan membeli motor baru juga dirasakan warga sekitar. Anak-anak, remaja dan orang tua bersama-sama larut dalam suka cita.

Penampakan ini berlangsung beberapa hari pasca pencairan pembebasan lahan program nasional bendungan kuningan. Bendungan yang dibangun sejak tahun 2013 dan mulai pencairan februari 2021.

Sekretaris desa Kawungsari, Wisno Perwata menyampaikan pencairan tahap satu dan tahap dua berlangsung pada tanggal 4-5 februari lalu sebanyak 179 bidang tanah dibebaskan dengan nilai nominal sekitar 134 milyar rupiah.

Tiap warga mendapatkan ganti untung dengan nilai bervariasi mulai dari 160 juta rupiah hingga paling tinggi 1,5 miliar rupiah. Mereka memanfaatkan uang tersebut untuk membeli kendaraan roda dua dan empat.

Setiap hari 20 sepeda motor dibeli oleh sejumlah warga, beberapa di antaranya juga membeli mobil hingga hari ini sekitar 300 motor dan puluhan mobil sudah dibeli.

Tak hanya membeli kendaraan roda dua dan empat, sebagian warga membeli tanah, sawah, kebun dan lainnya untuk kebutuhan di desa berikutnya.

Wisno menyebut, Kawungsari seluruh warganya pindah tanpa terkecuali. Mereka semua terkena dampak pembangunan bendungan Kuningan.

Hingga saat ini proses pembangunan fisik bendungan sudah 100 persen. Warga sedang menunggu proses pembuatan rumah pengganti di desa lain selesai, setelah itu warga berbondong -bondong pindah ke rumah baru.

Bulan Agustus 2021 ditargetkan mulai proses pindah lantaran akhir 2021 bendungan mulai proses pengisian air.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x