Kompas TV video cerita indonesia

Banjir Setinggi 1 Meter Merendam Permukiman Warga di Cipinang Melayu

Kompas.tv - 16 Februari 2021, 16:20 WIB
Penulis : Aryo bimo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Permukiman warga di wilayah Cipinang Melayu, Kelurahan Makasar, Jakarta Timur, terendam banjir, Selasa (16/2/21).

Banjir disebabkan oleh tingginya intensitas hujan dan buruknya saluran drainase atau pembuangan yang menuju saluran induk Kalimalang.

Muhtar, warga RT.11/RW.02 Cipinang Melayu, Jakarta Timur, menuturkan bahwa daerah tempat tinggalnya biasa dilanda banjir. Namun, banjir kali ini dirasa lebih lama surut.

"Biasa sih banjir, cuma enggak sampai kaya gini. Biasanya kalo banjir surutnya cepet, ini enggak, lama ini,' ujar Muhtar.

RT.11/RW.02 merupakan wilayah dengan genangan air yang cukup tinggi di Cipinang Melayu. Ketinggian air bervariasi, mulai dari lima puluh centimeter hingga satu meter lebih.

Meski demikian, warga masih bertahan di rumahnya masing-masing dan menunggu hingga air banjir surut.

Selain tingginya intensitas hujan, banjir juga disebabkan oleh meluapnya air dari aliran kali PHB (Penghubung) Sulaiman.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan, sebagian wilayah DKI Jakarta akan diguyur hujan ringan pagi ini, kecuali Jakarta Selatan yang berawan.

Sementara itu, waktu siang hingga sore hari, giliran Jakarta Selatan dan Barat yang hujan ringan, sementara wilayah lainnya mendung.


 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x