Kompas TV video cerita indonesia

Presiden Jokowi & PM Malaysia Sepakat Melawan Diskriminasi Sawit

Kompas.tv - 5 Februari 2021, 15:51 WIB
Penulis : Laura Elvina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo menyampaikan harapannya agar Indonesia dan Malaysia bisa bersatu menentang diskriminasi minyak kelapa sawit oleh negara-negara Uni Eropa.

Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi saat menerima PM Malaysia Tan Sri Muhyiddin Yassin di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Jumat (5/2/2021).

"Indonesia akan terus berjuang untuk melawan diskriminasi terhadap sawit dan perjuangan tersebut akan lebih optimal jika dilakukan bersama," kata Jokowi, Jumat (5/2/2021).

Kedua belah pihak pun sepakat. PM Malaysia Tan Sri Muhyiddin Yassin juga secara tegas menyatakan Malaysia akan terus berjuang melawan diskriminasi sawit.

Muhyiddin menyebut kampanye penolakan produk sawit dianggap tidak berdasar dan tidak menggambarkan keberlangsungan industri sawit dunia. Ini juga, kata dia, bertetangan dengan komitmen UE terhadap Organisasi Perdagangan Internasional (WTO).

"Justru itu, saya telah memaklumkan kepada Bapak Presiden bahwa Malaysia juga telah memfailkan tindakan undang-undang ke atas EU pada 15 Januari 2021 di WTO sama seperti yang telah dilakukan oleh Indonesia pada Disember 2019 yang lalu," jelasnya dalam bahasa Melayu.

Baca Juga: Bertemu Muhyiddin Yassin, Jokowi Minta Ada Penyelesaian MoU Baru untuk Pekerja Migran Indonesia



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x