Kompas TV video cerita indonesia

Roemah Makan Rakjat, Sedia Makan Siang Gratis Bagi Warga yang Tidak Mampu

Kompas.tv - 3 Februari 2021, 10:48 WIB
Penulis : Aryo bimo

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Rumah makan yang terletak di depan Masjid Walisongo, jalan Kusuma Bangsa, kelurahan Panjang Wetan, Pekalongan Utara, kota Pekalongan, cukup unik.

Pasalnya, rumah makan yang diberi nama 'Roemah Makan Rakjat' ini didirikan khusus untuk menyediakan menu makan siang gratis bagi siapa saja yang datan, khususnya bagi mereka yang tidak mampu.

Tepat pukul dua belas siang, warga sudah berkumpul untuk mendapatkan makan siang lengkap dengan lauk dan teh hangat maupun air putih.

Untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dan menjaga kebersihan, para relawan mengambilkan nasi beserta lauknya.

Relawan akan membagikan masker secara gratis bagi para pengunjung yang tidak memakainya. Roemah Makan Rakjat setiap harinya menyediakan 150 lebih porsi makan siang gratis.

Salah seorang warga yang bekerja sebagai kuli bangunan mengaku, setiap hari dirinya selalu datang kesini. Selain gratis, masakannya juga enak dan memiliki menu yang berbeda-beda setiap harinya.

Pengelola Roemah Makan Rakjat (RMR), Maya, menjelaskan bahwa relawan terinspirasi dari gerakan makan gratis yang sudah berjalan di sejumlah kota lain.

Menurutnya, tujuan pendirian RMR adalah murni aksi kepedulian untuk membantu masyarakat yang kurang mampu, khususnya akibat terdampak pandemi Covid-19.

Maya menegaskan bahwa RMR murni gerakan sosial dan tidak didominasi oleh salah satu komunitas, organisasi, ataupun partai.

Donatur datang dari berbagai kalangan dan latar belakang yang peduli sesama, khususnya di masa
pandemi seperti saat ini.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x