Kompas TV video cerita indonesia

Pemerintah Berencana Gunakan GeNose Sebagai Alat Screening Utama Covid-19

Kompas.tv - 31 Januari 2021, 12:38 WIB
Penulis : Laura Elvina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN) Bambang Brodjonegoro mengungkapkan, pemerintah berencana menjadikan GeNose sebagai alat screening utama untuk Covid-19 di Indonesia.

GeNose merupakan alat pendeteksi virus corona buatan para ahli dari Universitas Gadjah Mada (UGM) yang telah mendapatkan izin edar dari Kementerian Kesehatan.

"Saat ini GeNose sedang kami dorong untuk jadi alat screening utama, jadi ini bukan alat diagnosis," ungkap Bambang dalam dalam webinar ILUNI UI, Sabtu (30/1/2021).

Ia mengatakan, dengan penggunaan GeNose maka diharapkan bisa menjadi alat deteksi Covid-19 tahap awal di tempat-tempat yang cukup ramai, maupun di moda transportasi.

Sehingga bisa segera dilakukan penanganan untuk memitigasi transmisi virus lebih luas. Pada 5 Februari 2021, GeNose rencananya akan disediakan di seluruh stasiun kereta api mulai dari wilayah Jakarta dan Yogyakarta. Kemudian akan ditambah secara bertahap, bahkan hingga ke pelabuhan dan bandar udara (bandara).

Baca Juga: Epidemiolog: Penggunaan Genose di Stasiun Kurang Tepat



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x