Kompas TV video cerita indonesia

Presiden Joko Widodo Pastikan Vaksin Covid-19 Aman

Kompas.tv - 11 Januari 2021, 15:09 WIB
Penulis : Laura Elvina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjamin vaksin yang akan digunakan oleh Indonesia aman karena telah melalui serangkaian proses pengujian.

"Sekali lagi ini saya tegaskan bahwa vaksinasi Covid-19 yang akan digunakan di Indonesia adalah vaksin yang telah diuji melalui penelitian di berbagai negara, terbukti aman," kata Jokowi saat memberikan sambutan virtual dalam HUT PDI-P ke-48, Minggu (10/1/2021).

Jokowi memastikan, vaksin yang akan digunakan adalah yang telah mendapat izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan ( BPOM).

Saat ini, pemerintah masih menunggu BPOM menerbitkan EUA.

"Kami ingin vaksinasi ini dimulai secepat-cepatnya setelah BPOM menerbitkan izin penggunaan darurat," ujar Jokowi.

Selain ihwal keamanan, Jokowi juga menjanjikan kehalalan vaksin Covid-19. Terkait hal ini, kata dia, Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah melakukan pengujian.

Jokowi mengatakan, saat ini Indonesia sudah memiliki tiga juta dosis vaksin yang siap pakai. Vaksin  tersebut sudah terdistribusi ke daerah-daerah. Untuk tahap pertama, vaksinasi akan dilakukan terhadap 1,6 juta tenaga medis yang tersebar di 34 provinsi di Tanah Air. 

Baca Juga: Simulasi Vaksinasi Covid 19 Di Rumah Sakit Tingkat Empat



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x