Kompas TV video cerita indonesia

Presiden Jokowi Perintahkan Kementan Cari 1 Juta Hektar Lahan Pertanian

Kompas.tv - 11 Januari 2021, 14:47 WIB
Penulis : Laura Elvina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo meminta Kementerian Pertanian mencari lahan yang luas, agar komoditas Indonesia tidak kalah dengan komoditas impor.

Jokowi meminta ribuan hektar hingga satu juta hektar lahan disiapkan untuk menanam kedelai hingga bawang putih.

"Cari lahan yang cocok untuk kedelai tapi jangan 1-2 hektare, 10 hektare, 100 ribu, 300 ribu, 500 ribu, 1 juta hektare cari," kata Jokowi dalam Pembukaan Rapat Kerja Nasional Pembangunan Pertanian tahun 2021 dari Istana Negara, Jakarta, Senin (11/1/2021).

Menurutnya petani Indonesia saat ini tidak mau menanam bawang putih dan kedelai karena harga yang tidak bisa bersaing dengan produk impor. Akibatnya, untuk kedelai dan bawang putih Indonesia selalu impor.

Salah satu masalahnya adalah kurangnya lahan untuk pertanian di Indonesia, sehingga harga produksi pertanian dalam negeri lebih tinggi dibandingkan produk impor.

"Karena problem dari dulu sampai sekarang kenapa pertama kedelai yang juga di Indonesia bisa tumbuh baik, kenapa petani kita gak mau tanam? Karena harganya kalah dengan kedelai impor kalau petani disuruh jual dengan yang impor harga pokok produksi gak nutup jadi hanya dalam jumlah yang besar untuk melawan yang impor," ujarnya.  

Baca Juga: Presiden Jokowi Ingatkan Ancaman Krisis Pangan Selama Masa Covid-19



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x