Kompas TV video cerita indonesia

KRI Bima Suci Tiba di Surabaya Setelah 98 Hari Mengarungi Laut Indonesia

Kompas.tv - 2 Januari 2021, 17:34 WIB
Penulis : Aryo bimo

SURABAYA, KOMPAS.TV - KRI Bima Suci tiba di pangkalan Komando Armada Dua (Koarmada II) Surabaya, Jawa Timur, setelah menjalani Operasi Pelayaran mengarungi lautan Indonesia.

Operasi Pelayaran tersebut berlangsung selama 98 hari dan melibatkan sebanyak 85 taruna taruni atau kadet Akademi TNI Angkatan Laut (AAL) angkatan ke-67.

Terdapat 10 rute pelayaran sejauh 9.910 mil laut yang ditempuh oleh KRI Bima Suci. Rute pelayaran kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang diadakan lintas negara.

Karena diadakan di era pandemi, pelayaran kali ini hanya mengunjungi pulau-pulau terluar di perairan Indonesia.

Latihan praktek pelayaran dimulai dari Dermaga Ujung, Surabaya, pada tanggal 26 September 2020 lalu, dan berakhir kembali di Surabaya pada tanggal 1 Januari 2021.

Selama pelayaran, para kadet mngadakan latihan berbagai peran-peran di kapal. Di antaranya peran layar, peran parade, peran cuaca buruk, peran jaga perang saat melintasi laut Sulu Filipina yang rawan akan pembajakan kelompok teroris Abu Sayaf, dan peran lain yang menambah wawasan dan pengetahuan kadet selama pelayaran.

Sebelum turun dari kapal, seluruh awak kapal dan kadet menjalani tes swab antigen di atas kapal. Upaya ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x