Kompas TV video cerita indonesia

Khasiat Degan Bakar yang Kaya Akan Rempah-Rempah

Kompas.tv - 10 Desember 2020, 16:41 WIB
Penulis : Theo Reza

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Kelapa muda atau yang juga disebut degan merupakan jenis buah yang dikenal akan kesegaran airnya dan dipercaya memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh.

Namun  ditangan Jamhari, warga jalan Kepodang, Kecamatan Tanjung Karang Barat Bandar Lampung ini mampu mengkreasikan rasa dari degan menjadi minuman herbal hangat yang kaya akan rempah.

Untuk pembuatan-nya, semula kelapa muda harus dibakar terlebih dahulu di dalam tungku api dengan durasi waktu sekitar 1 jam, selanjutnya kulit kelapa yang sudah menghitam ini diangkat dan dikupas dari kulitnya.

Sejumlah rempah yang sudah disiapkan seperti sereh, jahe, kayu manis, kapulaga, dan cengkeh digeprek dan dimasukan kedalam degan bakar.

Cairan gula aren juga dituangkan agar memberi rasa manis pada degan bakar.

Sejak pandemi merebak, permintaan degan bakar diakui terus meningkat bahkan mencapai 85 persen jika dibandingkan dengan sebelumnya mengingat jenis minuman satu ini dipercaya mampu meningkatkan imunitas tubuh ditengah pandemi covid-19 saat ini.

Biasanya pembeli sudah mulai mengantri sejak sore hari untuk bisa menikmati hangatnya minuman sehat kaya akan rempah yang dijual seharga Rp 15 ribu per satu buah.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x