Kompas TV video cerita indonesia

Jalani Umrah Perdana, Jemaah Asal Indonesia Jalani Swab Test

Kompas.tv - 4 November 2020, 17:12 WIB
Penulis : Aryo bimo

MEKKAH, KOMPAS.TV - Kepala Bidang Umrah Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) Zaky Zakaria Anshary menyatakan, jemaah umrah perdana asal Indonesia sudah selesai melakukan 'swab test' atau tes usap di 2 hotel karantina di Mekkah, Arab Saudi, pada hari Selasa (3/11/20).

"Hari ini tanggal 3 November semua jamaah umrah perdana di swab / PCR di 2 Hotel yang ada di Mekkah / sekaligus tempat karantina selama 3 hari, para petugas kesehatan mulai datang dan melakukan tes Swab mulai pukul 18:00 - selesai," tulis Zaky.

Baca Juga: Alhamdulillah Umrah Dibuka, Tetaplah Waspada Corona

Zaky melanjutkan, program 'swab test' yang dilakukan di hari ke 2 oleh Kementerian Kesehatan Arab Saudi adalah satu kegiatan yang sudah diprogramkan dan tertuang dalam Formulir pernyataan kesehatan yang diisi jamaah di pesawat. 

"Membuat pernyataan yang telah dituliskan oleh Kementerian Kesehatan Saudi yakni, tidak memiliki gangguan pernapasan, demam, segala bentuk gejala yang menjurus ke infeksi Covid-19 dan akan memenuhi persyaratan untuk PCR Swab setelah dua hari kedatangan di Kerajaan Saudi Arabia," tambah Zaky.

Hal ini sekaligus membantah pemberitaan yang menyatakan bahwa 'swab test' dilakukan karena adanya jemaah umrah perdana asal Indonesia yang melanggar aturan selama karantina.

Jemaah yang dinyatakan negatif dapat melaksanakan ibadah umrah hari ketiga pada hari Rabu (4/11/20).



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x